Kamis, 10 Mei 2012





1.-Geografi Sosial dalam arti sempit,merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang    mempelajari atau mengkaji manusia. contoh : hubungan manusia dengan manusia .
- geografi sosial dalam arti luas merupakan ilmu yang mengkaji dan mempelajari masalah manusia sebagai mahluk sosial serta hubungannya dengan alam dan lingkungan di atas bumi ini. Contoh : manusia yang terikat peraturan adat dikampungnya.

2. - ruang yaitu permukaan bumi dimana semua mahluk hidup bisa tinggal termasuk manusia untuk sebagai tempat beraktivitas. Contoh : pedesaan
-proses yaitu semua tindakan manusia untuk beradaptasi, memanfaatkan lingkungan, dan berhubungan dengan mahluk hidup lain agar bisa melanjutkan kelangsungan hidupnya.
contoh :  transmigrasi
- Pola yaitu proses yang terjadi berulang-ulang, yang menjadikan ciri atau karakteristik daerah tertentu. Contoh: cara berjalan rombongan keluarga dari pegunungan biasanya adalah berbanjar.

3. -Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi dalam suatu hubungan sosial. Mereka mempunyai kesamaan budaya, wilayah, dan identitas akan tetapi belum tentu memiliki tujuan yang sama.
- Komunitas merupakan sekumpulan manusia yang disatukan dengan adanya kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sosialnya yang biasanya, didasarkan atas kesamaan latar belakang ideologi.

4. Peran pendidikan dlm kehidupan masyarakat ditandai oleh :
- Progam Wajib Belajar ; adanya upaya dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM
Contoh : Progam wajib belajar 9 tahun
- Jumlah tenaga pendidik, pelajar dan sekolah yang mulai meningkat.
Contoh : perguruan tinggi swasta yang mulai berkembang pesat
- Tingkat pendidikan sebagai strata sosial.
Contoh : orang yang  memiliki gelar tinggi lebih diakui keberadaanya dari pada yang bergelar kecil.


5-Lingkungan Hidup Alami: merupakan lingkungan bentukan alam yang terdiri atas berbagai sumber alam dan ekosistem dengan komponen-komponennya, baik fisik, biologis. Contoh: sungai, danau, dll
-Lingkungan Hidup Sosial:  terbentuk karena adanya interaksi sosial dalam masyarakat. Lingkungan hidup sosial ini dapat membentuk lingkungan hidup binaan tertentu yang mencirikan perilaku manusia sebagai makhluk sosial. Contoh: gropyokan tikus, kerja bakti.
-Lingkungan Hidup Binaan/Buatan : mencakup lingkungan buatan manusia yang dibangun dengan bantuan atau masukan teknologi, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern. Lingkungan hidup binaan/buatan bersifat kurang beraneka ragam karena keberadaannya selalu diselaraskan dengan kebutuhan manusia. Contoh: persawahan
,perkebunan, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar